Thursday 2 October 2014

Taman Wisata Alam Tanjung Kaluang



Hallo sobat…
Mimin mau posting pengalaman dan informasi tentang salah satu tempat wista alam yang ada di Central Borneo , Indonesia . Yaitu TWA ( Taman Wisata Alam ) Tanjung Kaluang , langsung aja ke pembahasan ya sobat…

TWA Tanjung Kaluang merupakan salah satu tempat wisata andalan yang ada di Central Borneo , Indonesia . Banyak wisatawan local atau wisatawan mancanegara yang sering berkunjung ke TWA Tanjung Kaluang untuk beberapa alasan sobat , seperti : Liburan , Sekedar Mengunjungi , Kegiatan Sekolah , dll..
TWA Tanjung Kaluang dapat di capai menggunakan perahu / kelotok yang dapat di sewa dari pantai kubu , saran dari mimin jika mau ke TWA Tanjung Kaluang jangan berkunjung pada jam 13:00 WIB kebawah , karena sobat akan menunggu lagi di pantai kubu untuk menunggu air pasang .
Perjalanan dapat di tempuh sekitar kurang dari 35 menit , vasilitas yang ada di TWA Tanjung Keluang yang mimin tau ada tempat penangkaran penyu , pemandangan yang luar biasa indah , jalur trekking , pemandangan bintang , camping ground dan resort .

Untuk peralatan dan perlengkapan yang mau mimin tekankan dan sarankan buat sobat - sobat sekalian sebelum berkunjung ke TWA Tanjung Kaluang , di antaranya yaitu :
1.  Jaket polar , windproof  , dan waterproof  = Kalo memang sobat punya jaket yang berjenis seperti yang mimin sebutkan , itu dapat mengatasi keadaan cuaca yang tidak terduga . Jika sobat belum punya dari beberapa jenis jaket di atas , sobat bisa bawa jaket hangat . Karena pengalaman mimin , waktu kemah di Tanjung Kaluang saat malam keadaan anginnya kencang dan suhunya dingin , jadi usahakan sobat membawa jaket hangat .
2. Air putih / mineral = Mimin sarankan sobat bisa bawa air putih / mineral dengan jumlah yang cukup banyak , karena di sana tidak ada air putih yang benar – benar tawar , dan untuk mandi pun sobat tetap bisa mandi dengan air yang masih sedikit asin .

Oke , itu tadi beberapa perlengkapan dan peralatan yang mimin tekankan dan sarankan sebelum sobat berkunjung ke TWA Tanjung Kaluang . Ada bonus yang bisa sobat dapat jika sobat berkunjung ke TWA Tanjung Kaluang sampai malam / sobat berkemah di sana , ketika malam tiba.. sobat bisa ke pinggir pantai dan coba mengobok – obok air lautnya , dan apa yang sobat bisa lihat ?
Suatu hal yang luar biasa indah bukan ? , dari air laut yang sudah sobat obok – obok tadi memancar percikan – percikan cahaya indah dari air . Itu adalah BIOLUMENSIA , jadi biolumensia itu kalo tidak salah adalah sebuat plankton / biota laut yang berukuran sangat kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang .

Oke sobat , tadi beberapa pengalaman dan informasi yang sudah mimin jabarkan . Semoga bermanfaat dan bisa membantu sobat – sobat yang belum bisa berkunjung ke TWA Tanjung Kaluang , Salam Konservasi ! 



From : Taufik Akbar

No comments:

Post a Comment