Saturday 24 September 2016

            Saya Mahasiswa

Untuk dapat menyatakan saya mahasiswa tidak semudah berbicara dengan lisan saja, namun perlu pembuktian dan pemantasan diri terlebih dahulu, bagaimana caranya ? disini saya akan mencoba menjabarkan tema di atas kedalam pembahasan saya.
Berbicara tentang mahasiswa pasti tidak akan ada habisnya terutama tentang pergerakan mahasiswa, dan salah satu hal yang mencolok dari mahasiswa adalah aksi. Tapi kita tidak akan membahas tentang aksi namun kita akan membahas tentang “Konsep Diri” dan konsep diri di definisikan sebagai sebuah pikiran yang menyatakan tentang diri kita sendiri dengan beberapa komponen yang menyusunnya, jadi untuk dapat di katakan sempurna semua komponen harus terpenuhi.
    1.     Citra tubuh (Body image)
adalah sikap individu terhadap diri kita sendiri baik disadari ataupun tidak disadari meliputi masa lalu dan sekarang, karna seiring berjalannya waktu dengan pengalaman dan faktor lain maka persepsi diri juga bisa berubah. Dan persepsi diri sudah di mulai sejak kita masih kanak – kanak hingga sekarang dan akan berhenti pada saat kita mati.

    2.     Ideal diri (Ideal self)
adalah sikap persepsi individu bagaimana ia seharusnya bertingkah laku berdasarkan standar pribadi, dan ideal diri terbentuk dari masa kanak – kanak yang di pengaruhi oleh lingkungan sekitar dimana anak itu berada, dan pada saat remaja ideal diri terbetuk dari identifikasi dari orang tua dan lingkungan sekitar, jadi lingkungan sekitar di mana kita berada juga termasuk dalam hal penentu ideal diri yang di sebut dengan faktor eksternal dan faktor internalnya adalah diri kita sendiri.

    3.     Harga diri (Pride)
adalah penilaian diri terhadap hasil yang dicapai dengan menganalisis seberapa banyak kesesuaian tingkah laku dengan ideal dirinya, dan sebuah harga diri diperoleh dari diri kita sendiri dan orang lain. Dan dalam sebuah harga diri juga terdapat positif dan negatif, apa yang menyebabkan adanya hal tersebut ?
positif dan negatifnya harga diri berhubungan dengan perilaku kita di dalam lingkungan sekitar kita dan ancaman terbesar pada harga diri adalah pada saat masa pubertas, karena pada masa pubertas banyak keputusan yang harus kita ambil.

    4.     Peran (Role)
adalah serangkaian pola sikap perilaku nilai dan tujuan yang di harapkan oleh masyarakat, dan setiap individu mempunyai banyak peran dalam masyarakat dan baik buruknya peran yang dilakukan berhubungan pada ideal diri. Harga diri yang tinggi merupakan hasil dari peran yang memenuhi kebutuhan dan cocok dengan ideal diri.

    5.     Identitas diri (Persoal identity)
Adalah kesadaran tentang diri sendiri yang dapat diperoleh individu dari observasi dan penilaian dirinya, dan karena identitas diri berkembang dari masa kanak – kanak maka setiap individu mempunyai beberapa identitas dalam hidupnya dan setiap orang memiliki identitas diri yang berbeda – beda. Dan identitas diri juga sangan penting karena di manapun kita berada kita membawa identitas kita masing – masing.


Jadi semua komponen dari konsep diri sangatlah penting agar tercapainya kesempurnaan, dan setelah itu kita dapat mengatakan “Saya Mahasiswa” 

No comments:

Post a Comment