Tuesday 11 October 2016

                                 Entrepreneurship Jalan Hidupku


Dalam ekonomi ada sebuah hal yang sering muncul dalam pembahasan, baik di kehidupan sehari – hari, artikel atau bahkan ekonom. Dan kita banyak menemui kata – kata “Jadilah  enterpreneur sejati” namun sepenting apa entrepreneurship bagi kita dan dalam kehidupan? Disini saya akan coba jabarkan entrepreneurship sesuai tema di atas.

Begini, jiwa kewirausahaan mempunyai makna yang sangat kompleks, dan entrepreneurship tidak selalu dikaitkan dengan pengusaha atau entrepreneur. Untuk lebih jelasnya saya mengutip beberapa pengertian entrepreneurship dari beberapa tokoh yang menurut saya tepat dan bisa mewakili makna dari kewirausahaan.

    1.       Peter Drucker, seorang pemikir manajemen Amerika Serikat menyatakan entrepreneurship adalah “Aktivitas yang secara konsisten dilakukan dengan mengkonversi ide – ide yang bagus menjadi kegiatan usaha yang menguntungkan”.
    2.       Peggy A. Lambing & Charles R. Kuehl, dalam bukunya menyatakan bahwa “Tindakan kreatif yang membangun sesuatu value dari sesuatu yang tidak ada.Entrepreneurship merupakan proses untuk menangkap dan mewujudkan peluang terlepas dari sumber daya yang ada, serta membutuhkan keberanian untuk mengambil resiko yang telah di perhitungkan”.
    3.       S Wijindi, menyatakan bahwa “Kewirausahaan suatu sifat keberanian, keutamaan dalam keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri”.
   4.       Howard H. Stevenson, seorang dosen dari Harvard University, berkata “Kewirausahaan adalah pendekatan pada manajemen yang kami definisikan sebagai berikut : mengejar peluang tanpa memperdulikan sumber daya yang saat ini berada di bawah kendali”.

Dari empat pengertian tentang entrepreneurship di atas bisa di simpulkan bahwa makna entrepreneurship lebih mengarah pada sebuah tindakan yang memiliki sifat keberanian, kreatif, inovatif, tahan dengan tantangan hidup, serta sanggup menangkap dan mewujudkan peluang yang ada. Jadi seseorang yang memiliki jiwa seorang pecundang tidak akan bisa di katakan sebagai entrepreneurship sejati, karena di dalam jiwa seorang entrepreneurship selalu ada prinsip – prinsip jiwa kesatria yang selalu mau bekerja keras, tidak mudah menyerah, tanpa meninggalkan unsur keluhuran budi serta kejujuran. 

Jadi entrepreneurship itu sebenarnya tentang “didikan” karna entrepreneurship itu bukan bakat secara alami, jadi sejatinya kunci suksesnya adalah kita harus bisa merubah mindset kita dari pemikiran orang banyak atau pada umumnya menjadi pemikiran orang – orang “besar” yang ada di dunia ini.
Dan ada tokoh yang juga berpengaruh dalam dunia entrepreneurship adalah Kiyosaki yang mengatakan “Mampu bertahan secara cerdas dan tetap waras tanpa uang”


Saya rasa sekian yang dapat saya bagi dan uraikan tentang Entrepreneurship, dan semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment